
5 Ide Bisnis UMKM Yang banyak dicoba Oleh Pemula
Punya atau tidak punya keahlian, bisnis saat ini memang sangat diminati oleh sebagian masyarakat. Tetapi, yang utama dalam membangun bisnis adalah memang memerlukan modal yang cukup besar. Namun, saat ini telah banyak ditemukan usaha kecil menengah. 5 Ide Bisnis UMKM yang banyak dicoba oleh pemula ini mungkin bisa dijadikan referensi.
Terlebih, belakangan ini, usaha menengah kecil mikro atau UMKM sudah menjadi perhatian dari pemerintah Indonesia yang berperan menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Dengan membangun bisnis UMKM adalah tanda bahwa masyarakat pemula mampu meminimalkan angka pengangguran.
Yang perlu diketahui adalah, UMKM sendiri mempunyai 3 jenis usaha. Apa sajakah itu? Usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Lalu, adakah perbedaan dari ketiganya? Tentu. Perbedaannya terletak pada penghasilan omset.
Usaha mikro merupakan usaha produktif yang bisa dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha perseorangan dengan aset maksimal dan omset maksimal 300 juta rupiah. Sedangkan usaha kecil adalah usaha keonomi produktif yang berdiri mandiri maupun badan usaha. Tetapi bukan merupakan anak perusahaan dengan aset 50-500 juta dan omset 300 juta - 2,5 miliar rupiah.
Terakhir, usaha menengah adalah saha ekonomi produktif dengan skala kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebesar 500 juta - 10 miliar dan omset lebih dari 2,5 miliar - 50 miliar rupiah.
5 Ide Bisnis UMKM yang banyak dicoba Oleh Pemula
Kuliner
UKM Kuliner bisa dikatakan salah satu contoh kecil menengah. Usaha menengah bidang kuliner ini menjadi salah satu usaha yang sekarang sudah banyak didirikan. Tentu dengan alasan yang banyak dicari, kuliner seolah menjadi primadona di kalangan perintis usaha. Tidak melulu berbentuk restoran, kuliner sekarang ini malah banyak yang rumahan dan dikelola dari rumah.
Ide bisnis kuliner banyak, beberapa contohnya adalah makanan ringan (snack) seperti dimsum dan kue kering, sedangkan makanan berat biasanya usaha catering dan juga minuman. Misalnya, coffee shop dan boba milk.
Mengikuti perkembangan teknologi juga, bisa memudahkan untuk melakukan order (pesanan) makanan dengan menggunakan aplikasi. Contohnya, Gojek, Grab dan yang baru-baru ini adalah Shopee. Dengan begitu, usaha kuliner akan mengalami kemajuan.
Fashion dan Skincare
Fashion dan Skincare sebagai salah satu ide bisnis usaha menengah masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin merintis bisnis. Dengan sistem penjualan online, akan memudahkan bisnis fashion dan skincare dikenal dan mengalami kemajuan yang signifikan. Sistem penjualan online bisa dilakukan dengan memiliki wesite dan e-commerce.
Contoh usaha dalam bidang fashion sendiri cukup banyak. Seperti, baju, kerudung, sepatu dan lain-lain. Fashion juga akan selalu mengikuti perkembangan jaman. Maka dari itu, bisnis fashion akan terus berkembang dan selalu diminati. Bahkan jika memiliki passion di bidang fashion industri, ada peluang untuk memiliki merk fashion sendiri. Kini, sudah banyak merk fashion lokal yang diminati oleh masyarakat bahkan bisa meraih pelanggan sendiri.
Selain fashion, banyak para wanita memiliki minat terhadap skincare dan makeup. Dari situ, bisa memulai usaha kecil meengah dengan produk tersebut. Bahkan tren skincare sekarang banyak mengarah ke bahan alami dan mampu mengatasi beberapa masalah kulit. Perkembangan yang terbaru adalah bahwa pria pun bisa memakai skincare, sehingga bisa menjadikannya sebagai pasar yang potensial.
Saat ini telah banyak produk fashion dan skincare lokal yang sudah terkenal. Dibalik kesemuanya itu, mereka juga merintis dari usaha kecil.
Perlengkapan Bayi
Perlengkapan bayi juga bisa dikatakan usaha kecil yang menjanjikan. Terlebih masa pandemi, angka wanita yang sedang menjalani kehamilan bertambah. Maka, di moment ini, bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha menjual perlengkapan bayi. Dengan modal yang masih bisa terjangkau, perlengkapan bayi menjadi incaran bisnis kecil-kecilan yang juga dikatakan sebagai sebuah kebutuhan yang akan terus dicari.
Perlengkapan bayi seperti contohnya baju bayi, kasur bayi, mainan bayi dan lain sebagainya. Sebelum memulai usaha dan belum mempunyai modal yang cukup, memulai usaha ini bisa dengan cara menjadi reseller terlebih dahulu. Cukup mencari suplier melalui e commerce dan memanfaatkan media sosial.
Souvenir
Usaha mikro yang lain contohnya adalah membuat souvenir. Souvenir merupakan hadiah unik. Usaha ini cocok bagi yang suka berkreasi. Contohnya membuat kotak perhiasan, lukisan sepatu dan me-recreate akrilik. Dengan hobi yang dituangkan, selain menjadikan sebuah produk, juga bisa menghasilkan keuntungan (pendapatan). Usaha souvenir ini sama dengan usaha peralatan bayi, modalnya masih bisa terjangkau karena bahan-bahan mentahnya tergolong masih relatif tidak terlalu mahal.
Jasa Foto dan Video
Meskipun sekarang ini beberapa orang sudah banyak yang bisa menggunakan kamera, tetapi berbeda teknik menggunakan kamera ala fotografer dan videografer. Beruntung jika memiliki skill ini karena bisa menjadi bekal dan dikembangkan menjadi sebuah usaha.
Foto dan video akan diperlukan bagi mereka yang akan melaksanakan prewedding, pernikahan, wisuda dan acara-acara penting lainnya. Mereka ingin memiliki sebuah dokumentasi melalu foto dan video.
Tips Mengelola Usaha Kecil Menengah
Setelah menyimak beberapa contoh usaha menengah kecil, perlu memahami juga bagaimana tips mengelola usaha kecil menengah. Berikut tips-tipsnya:
1. Kenali Kompetitor
Sebelum merintis usaha kecil menengah, perlu untuk mengenali siapa kompetitor kamu pada usaha tersebut. Sebab adalah hal terpenting pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha. Dengan mengenali dan menganalisis kompetitor, kamu bisa menemukan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki dibandingkan kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa menentukan posisi dari usaha kamu dan kompetitor.
Dengan catatan, melihat kompetitor harus sepadan dengan usaha yang akan dirintis. Jika usaha yang akan dirintis usaha menengah kecil, maka kompetitor juga harus disamakan dan serupa. Jangan langsung mencari kompetitor yang sudah memiliki brand besar.
2. Promosi
Tips yang satu ini sudah jelas harus dijalankan. Jika tidak ada promosi, bagaimana produk akan dikenal. Promosi sebagai langkah untuk memasarkan produk usaha kecil menengah agar produk dikenal dan terjadi kegiatan jual-beli. Kegiatan promosi bisa dilakukan melalui media sosial dengan membuat akun official baru dari bisnis kamu.
Kedua, bisa memanfaatkan website official bisnis kamu dimana disitu nanti bisa memasukkan produk jualan. Selain itu, juga bisa memakai aplikasi whatsapp business guna mempromosikan produk ke konsumen juga.
- Pelayanan konsumen
Yang terakhir adalah pelayanan konsumen. Selain memperluas pasar, penting juga untuk menjaga loyalitas kepada pelanggan sebelumnya. Dengan cara menjalin hubungan baik dan mempertahankannya, menjadi solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi konsumen. Memiliki attitude yang baik, juga menjadi faktor kesuksesan usahamu.
Sumber : Usaha kecil