event
SoloBridge - Menjembatani Digitalisasi UMKM
Kolaborasi antara Solo Techno Incubator Bersama Bank Mandiri dan Kampus UMKM ShopeePelatihan Kewirausahaan dalam menguatkan pondasi Bisnis UMKM Solo Raya dan mempersiapkan diri bersaing dalam era E-Commerce.
Pada tanggal 11 hingga 26 Oktober 2023, Solo Bridge, sebuah acara kolaborasi yang mewadahi para umkm di wilayah Solo Raya. Acara ini merupakan bentuk kolaborasi antara Bank Mandiri, Solo Techno Incubator dan shopee yang bertujuan untuk, memberikan pelatihan, dukungan, dan wawasan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang dan bersaing dengan lebih baik di era bisnis yang semakin kompetitif.
Solo Bridge menawarkan tiga program utama yang dirancang khusus untuk memberikan manfaat maksimal kepada pelaku UMKM:
- Bootcamp: Program pertama, Bootcamp, akan menjadi fondasi bagi peserta dalam mengelola bisnis mereka. Dalam Bootcamp, peserta akan mengikuti pelatihan intensif yang mencakup berbagai aspek bisnis, seperti manajemen, pemasaran, manajemen keuangan, dan strategi pengembangan produk. Selama program ini, para peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang cara mengelola bisnis mereka dengan efisien dan efektif.
- Penetrasi UMKM: Program kedua, Penetrasi UMKM, bertujuan membantu UMKM memperluas pangsa pasar mereka di era digital Ini akan mencakup pelatihan yang langsung akan diberikan oleh mitra Shopee sebagai praktisi nya dalam memberikan materi mengenai strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, serta pemanfaatan teknologi dan platform digital terkhusus shopee untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Peserta akan belajar cara membuka toko, melakukan optimasi penjualan dan pengoperasian e-commerce.
- Dan program ketiganya adalah pendampingan. Program ini dirancang untuk memberikan dukungan langsung kepada pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka dan membangun merek.
Dalam program pendampingan ini, ada tiga pilihan yang dapat diambil oleh para peserta:
- 3.1. Pendampingan 1-on-1 Digital Branding: Peserta akan mendapatkan pelatihan intensif tentang bagaimana membangun identitas merek mereka secara digital. Ini mencakup strategi pemasaran online, pengoptimalan media sosial, pembuatan konten yang menarik, serta analisis data untuk mengukur dampak iklan mereka. Para peserta akan memiliki kesempatan untuk bekerja langsung dengan ahli dalam mengasah kemampuan branding digital mereka.
- 3.2. Pendampingan Podcast Produk: Program ini akan membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan brand awareness mereka melalui platform digital dalam bentuk podcast dan disupport langsung oleh mitra Bank Mandiri untuk ruang podcast serta host yang memang sudah tersedia. Menciptakan podcast yang berfokus pada produk atau jasa mereka. Peserta akan diwawancari mengenai produk dan perjalanan bisnis mereka dengan membawa produk yang akan didisplay ditengah meja podcast sekaligus wadah showcase produk.
- 3.3. Pendampingan Live Shopee: Bagi para pelaku UMKM yang ingin memaksimalkan kehadiran mereka di platform e-commerce, program ini akan memberikan pelatihan intensif tentang cara mengelola toko online di Shopee. Peserta akan memahami cara mengoptimalkan penjualan online, mengelola inventaris dengan efisien, dan membangun reputasi positif di platform ini. Mereka juga akan mendapatkan panduan praktis tentang cara berinteraksi dengan pelanggan secara efektif dalam lingkungan e-commerce.
Terbuka hingga